Tuesday, December 15, 2015

My Baby Bump: Hospitalized (Again!) Part 2 (32-34 weeks)

Siapa yang nyangka pada saat saya lagi nyicil nulis pengalaman saya opname karena kontraksi dini, saya harus (lagi-lagi) opname, kali ini bukan karena kontraksi dini. Tapi suspect-nya KPD (Ketuban Pecah Dini) dan setelah di-cek Oligohidramnion (Kekurangan air ketuban) plus pake ada gejala pengapuran plasenta grade 1-2 pula. Untungnya ada aplikasi blogspot di HP, jadi saya bisa update cerita tanpa harus bangun dari tempat tidur. Huhu.. Sedih bgt rasanya.

Kalau opname yang pertama saya masih bisa sdikit haha-hihi. Opname kedua kali ini susaaahh bgt rasanya ngebangun mindset yang positif. Biar udh ditahan ini airmata rasanya kok keluar terus, terutama kalo lagi nggak ada orang. Tapi pada akhirnya bekas mata yang sembap dan hidung yg ingusan bikin salah satu dokter jaga nanya, "Ibu abis nangis ya?" Hehe. Untung dokter jaga dan suster di RSIA Citra Ananda care enough untuk support. Dokter atau suster yang udah ibu-ibu juga menyempatkan cerita pengalaman mereka waktu melahirkan, nyemangatin saya supaya dibawa happy dan berpikir positive. Kemudian ada dari teman kuliah dan SMA saya yang kebetulan pernah punya pengalaman yang hampir sama, mereka sering kontak saya untuk sekedar berbagi cerita. Belum lagi support dari ibu dan saudara. Terima kasih atas doanya buat saya dan baby agar senantiasa sehat sampai setelah persalinan nanti. Semoga dibalas dengan pahala yang berlimpah ya. Amin YRA. Thanks a lot btw untuk saudara yang sudah meluangkan waktunya, doanya, teman-teman, rekan kantor dan semua yang sudah support nyemangatin. Means a lot to me :)

Pagi itu hari Rabu 6 Desember 2015. Belum juga adzan subuh terdengar, saya terbangun karena merasa "ngompol". Segera saya cek ke kamar mandi dan melihat ada cairan seperti air kelapa muda keluar. Masa' iya sih saya ngompol? Saya cium baunya, kok nggak bau pesing? Saya pegang teksturnya agak lengket-lengket. Jangan-jangan ketuban ya? Saya foto aja itu celana dalem trus saya kirim ke ibu saya yang kebetulan lagi di Solo, trus saya bangunin suami saya. Kata suami saya, saya disuruh tiduran aja sambil liat, apakah nanti ada rembesan lagi atau nggak. Saya baru bisa terlelap sekitar jam setengah tujuh pagi.

Rencana mau nyoblos pilkada hari itu otomatis batal deh. Mana udah bikin heboh ibu yang di solo karena HP saya ga diangkat-angkat pas saya lagi ketiduran. Beliau minta saya untuk telp dokternya ASAP, karena itu air ketuban!  Saya berusaha menenangkan yang rembes nggak terlalu banyak. Tapi ibu saya meyakinkan segitu itu cukup banyak. Akhirnya saya Whatsapp dr Ivander, terus saya minta izin ngirimin foto celana dalam saya untuk make sure itu ketuban atau bukan. Hehe.. Sorry ya dok. Bukan bermaksud untuk saru, tapi supaya lebih pasti aja :D
Pas dokter liat gambarnya komentarnya begini, "Cukup banyak juga ya? Langsung ke Citra Ananda aja bu biar di cek pake kertas lakmus sama bidan jaga. Nanti saya coba telp juga ke sana. Kalau memang emergency saya ke sana juga." (Wheww.. Ternyata emak gw bner juga. Saya pikir segitu itu dikit.. Huhuhu. Mulai deh santainya ilang sedikit).

Saya ama suami langsung berangkat ke Citra Ananda. Tadinya si dokter nawarin ke RS Gandaria karena dokter lagi ada tindakan di sana. Tapi ngeliat macetnya jalanan Cinere yaah.. Kita mutusin ke Citra Ananda dulu deh, siapa tau setelah di cek ini bukan air ketuban kan? *masih coba mikir positif*

Sampe disana, kita udah ditunggu sama 3 bidan jaga dan 1 suster yang langsung bawa saya ke UGD. Trus saya disuruh naik ke kursi tindakan itu lho. Hadeuh.. udah parno aja pas liat suster ngeluarin alat seperti "paruh bebek", "Hummmm.. Gw kenal nih alat pas lagi papsmear. Nggak enak banget kan rasanya. Bzzz." Batin saya.
"Saya mau diapain sus?" Tanya saya melas. Suster bilang mau di cek ada pembukaan sama dilihat rembesan tadi ketuban atau bukan pakai kertas lakmus. Beuh.. Saya pikir cek-nya cukup ditempel aja di mulut luar vagina.. Ternyata...Huhuhu. Nggak nyaman banget deh rasanya.

Nggak lama dokter jaga datang dan setelah di-cek alhamdulillah belum ada pembukaan. Tapi hasil dari kertas lakmus, ini benar air ketuban karena kertas lakmus yang tadinya warna pink berubah jadi biru. Dokter jaga langsung telp dr Ivander dan infokan hal ini. Dr Ivander langsung minta saya untuk opname karena kalau ketuban sudah rembes artinya baby yang di dalam rahim sudah "terbuka" dengan dunia luar sehingga rentan infeksi. Nanti sore dokter akan visit, meskipun harusnya hari itu nggak ada jadwal prakteknya karena hari itu libur karena pilkada. Saya masih coba "nego" untuk pulang dulu, baru nanti sore saya datang lagi. Karena pikiran untuk opname tanpa persiapan apa-apa lagi untuk yang kedua kali kok rasanya gimanaa gitu (gimana apanya ya? Susah untuk dijelasin pake kata-kata. Hehehe).

Eh, dr Ivandernya denger begitu malah bilang kalau gitu dia sekalian otw sekarang aja ke Citra Ananda. Hadeuh.. jadi nggak enak hati euy. Maaf ya dok ngerepotin..
Begitu dokter dateng, saya sempet "diomelin" karena masih jalan kaki, suster langsung diminta untuk ambil kursi roda buat saya. Hummm.. Ini bener nih segitu emergency-nya? Saya mulai was-was. Abis anak pertama, saya masih awam banget rasanya. Duh. Mudah-mudahan hasil USG baik-baik aja deh!
Pas di-USG baru deh saya ngeh kalo kondisinya cukup bikin kuatir. Ketuban yang minggu lalu kelihatan cukup banyak, kok sekarang makin mepet sama baby-nya sih? Kata dokter, index ketuban yang normal itu di atas 10 cm, dan saat ini ketuban saya sudah 7 cm. Kalau misalnya sampai 5 cm, itu sudah disebut sangat kekurangan air ketuban dan sangat beresiko bagi janin. Dokter bahkan tadi otw ke RS sudah sempat telp untuk cari NICU yang tersedia di RS Gandaria/RS Bunda Menteng, karena kalau sampai index ketuban saya mencapai 5 cm, baby terpaksa harus dikeluarkan hari itu juga dan di RS Citra Ananda belum ada fasilitas NICU.

Satu hal lagi, saat di cek kondisi plasenta, kok ternyata plasenta saya sudah mulai ada pengapuran/menua meskipun baru grade 1-2 (grade pengapuran plasenta yang paling mengkhawatirkan itu grade 4 btw), artinya baby mulai nggak dapet asupan nutrisi maksimal dari saya, harusnya pengapuran plasenta itu mulai terlihat pada minggu ke-34 ke atas. Saya kan sekarang baru minggu ke-32. Duh sedih banget liatnya. Padahal kemarin pas bedrest saya coba maksimalin makan dan minum yang sehat-sehat supaya nutrisinya ke baby :'(
Ada satu masa dimana index ketuban mau diukur sama dokter dari berbagai sisi. Pas di bagian pantat baby, keliatan ketubannya udah kosong, jadi pas baby mau gerak nggak bisa. Nyeri hati saya ngeliatnya.. Somehow ngerasa feeling guilty ke baby-nya, meskipun itu di luar kuasa saya juga. Untungnya, kondisi detak jantung baby masih baik, asupan oksigen ke otak pun juga masih baik. Subhanallah! Pandai dan sehat terus ya nak kamu....

Akhirnya, end up-lah saya di opname lagi untuk diobservasi. Tes urin lagi, tes darah lagi. Hasilnya sih cukup baik. HRCRP saya juga bagus. Bahkan saat baby direkam jantung, kondisinya bagus, geraknya jg aktif. Seneng dan sedikit lega sama hasilnya. Padahal kata salah satu dokter, biasanya kalau kekurangan air ketuban itu baby jadi nggak banyak gerak karena ruangnya sudah terbatas. Dampak ke ibu kalau baby gerak juga rasanya linu dan sakit rasanya. Selama di RS selain dimonitor kondisi air ketuban, kondisi baby, saya juga dikasih diet tinggi kalori tinggi protein, treatment perbaikan jaringan ketuban yang kemungkinan menyebabkan rembes dengan inject vitamin C, dikasih antioksidan dan antibiotik untuk kemungkinan infeksi. Dopping dengan berbagai cara deh pokoknya.

Kalau ditanya kondisi saya ini kenapa dong ya? Hasil tesnya kan smua bagus?? Wallahualam. Semua nggak lepas dari kuasaNya. Insyaallah Tuhan nggak akan kasih cobaan yang melebihi kemampuan hambaNya. Yang bisa kita lakukan meskipun nggak gampang karena kita juga manusia, ada kalanya kita kuat dan tegar, ada kalanya kita merasa lemah dan takut. Never loose hope. Ikhtiar terus, berdoa, dan terus terus terus nyoba untuk stay positive.

Sekarang hari kedua saya di rumah, mudah-mudahan si baby sabar nunggu paling nggak 3 minggu lagi untuk launch yah! Suster dan dokter di Citra Ananda juga pada pesen, "Sehat terus ya bu sama si baby, supaya bisa cukup bulan dan bisa lahiran di Citra Ananda. Kita pada penasaran sama baby-nya."
Tuh nak, banyak yang doain supaya kita sehat-sehat. Bapak juga kemarin sampai nggak kerja berapa hari nungguin ibu, ngeladenin pagi-siang-malem bantuin pipis di pispot supaya ibu nggak perlu turun dari tempat tidur. Akhirnya tepar juga batpil karena istirahatnya nggak maksimal, harus tiap hari bobo di sofa. Insyaallah kita bisa yah 3+ minggu lagi!! Bismillah.

We love you so so much. :*

No comments:

Post a Comment