Wednesday, March 6, 2019

(FEATURED) Sendiri Saja di Hari Kasih Sayang, Mengapa Tidak?

Sendiri saja di Hari Kasih Sayang atau Valentine's Day bagi sebagian orang yang masih menjomblo memang terasa menyebalkan.
Mendengarkan radio hanya lagu romantis yang diputar, menonton TV hanya ada film yang mengingatkan manisnya si mantan. Pergi ke mal hanya ada promo untuk pasangan, diam di rumah ingin belanja online pun sama saja
Memang suasana menjelang hari kasih sayang kalau tidak piawai dalam menata hati, suka bikin para jomblo terintimidasi.
Di bawah ini, aku, Indy, ingin berbagi cara yang biasa ku terapkan supaya hati tidak terlalu galau saat sendirian merayakan hari kasih sayang. Percayalah, jomblo saat Hari Valentine itu tidak apa-apa!

Kalau bukan kita, siapa lagi yang bisa mencintai diri kita sendiri?

[caption id="" align="alignnone" width="1000"]smiling woman while closing her eyes photo, jomblo saat valentine, jomblo di hari kasih sayang, rayakan valentine sendirian, sendirian valentine (Photo by Azamat Kinzhitaev on Unsplash)[/caption]Hari itu aku bangun lebih pagi dari biasanya. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu kalau bangun lebih pagi justru membuat badan dan pikiran kita lebih segar, sehingga kita bisa lebih semangat dan siap menjalani hari.
Aku mengawali hari dengan meditasi melalui aplikasi Riliv. Dengan lebih fokus pada pengaturan napas, pikiranku menjadi lebih rileks dan damai.
Aku berniat untuk memakai pakaian terbaikku dan berdandan sedikit. Bukan untuk dilihat orang lain, lebih kepada kepuasan diri sendiri. Tips ini sangat berguna bagiku, karena sederet aktivitas sudah menantiku hari itu.
Melakukan 5 tips mindfulness ini juga bisa jadi salah satu cara supaya tidak sedih sendirian di rumah, lho!

Sendiri saja di Hari Kasih Sayang? Coba isi hari dengan kegiatan yang belum pernah kamu lakukan

[caption id="" align="alignnone" width="1000"]white and brown knitted basket, tips melewatkan valentine sendirian, cara melewatkan valentine sendirian, tidak masalah sendirian saat valentine (Photo by rocknwool on Unsplash)[/caption]Pagi itu, aku sudah mendaftar untuk mengikuti pelatihan kerajinan macrame. Selain mendapat keahlian baru yang berpotensi menghasilkan uang, aku juga banyak bertemu dengan orang baru.
Berada di lingkungan baru dan mengenal orang dari berbagai kalangan seakan membuka wawasanku.
Aku belajar dari cerita sukses single mom yang berjualan pot gantung dari macrame di toko online.
Lalu, ada lagi cerita ibu pensiunan yang mengisi waktu dengan menganyam karena suaminya sudah tiada dan anak-anaknya tinggal di luar kota.
Oya, kamu bisa banget coba meditasi sambil menyeruput teh favoritmu. Sangat manjur untuk relaksasi, lho!

Ungkapkan sayang kepada keluarga dan orang terdekat

[caption id="" align="alignnone" width="1000"]person holding gift box with pine cone, belom punya pacar di hari kasih sayang, sedih di hari kasih sayang, jomblo ngenes hari valentine (Photo by rawpixel on Unsplash)[/caption]Mendengar cerita ibu yang kutemui saat pelatihan kerajinan macrame, aku jadi teringat mama, papa dan adikku.
Selama ini seringkali Hari Kasih Sayang identik dengan mengekspresikan cinta pada pasangan. Padahal, ungkapan kasih sayang kepada keluarga juga tak kalah penting.
Aku bergegas mengirim pesan singkat ke mama, papa dan adikku. Kukatakan pada mereka bahwa aku amat menyayangi mereka dan berterima kasih atas kehadiran mereka selama ini.
Aku juga berjanji sepulang dari sini akan membelikan hadiah kecil untuk mereka.

Lakukan hal yang membuat diri kita bahagia

[caption id="" align="alignnone" width="1000"]photo of saloon interior view, galau di hari kasih sayang karena sendirian, ga punya pacar di hari valentine, sendirian melewati hari kasih sayang (Photo by Guilherme Petri on Unsplash)[/caption]Usai pelatihan, aku bergegas ke salon langganan untuk melakukan perawatan diri. Mulai manicure-pedicure, pijat lulur, totok wajah dan diakhiri dengan creambath.
Tubuh wangi dan segar, pikiran pun bahagia. Sendiri saja di Hari Kasih Sayang adalah momen untuk mengingat bahwa diri kita pantas diperlakukan spesial.
Dengan membahagiakan diri sendiri demi menjaga kesehatan mental artinya kita sudah menunjukkan rasa sayang kepada diri sendiri.
Pada dasarnya, sebelum berencana untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain, kita harus memastikan diri kita sudah bahagia. Pastikan dirimu bahagia, Dear!
---
Punya pacar ataupun belum, kita juga bisa berbahagia di hari yang spesial ini. Nah, dengan melakukan cara di atas ternyata tidak masalah, 'kan, sendiri saja di Hari Kasih Sayang?
Referensi:
  1. https://womantalk.com/relationship/articles/4-cara-sederhana-rayakan-hari-valentine-dengan-diri-sendiri-AYBO7
Sri Resy Khrisnawati. Having 100 dreams and 1001% faith it will come true before her dying day.

No comments:

Post a Comment