Wednesday, March 6, 2019

5 Tanda Negatif Kamu Stres Karena Tekanan Pekerjaan

Salah satu aktivitas yang menyita banyak waktu kita sehari-hari adalah pekerjaan. Stres karena tekanan pekerjaan dapat muncul akibat persaingan yang ketat, tekanan dan tuntutan yang tinggi.
Stres karena pekerjaan dalam tahap yang ringan (link 6 tingkat stres)  dapat menjadi motivasi dan semangat untuk meraih cita-cita. Namun stres berat (link ciri-ciri stres berat) dapat berpengaruh pada kesehatan fisik dan menurunkan produktivitasmu. Yuk, kenali tanda negatif kamu stres karena pekerjaan!

Source: Unsplash

Mudah sakit merupakan salah satu tanda kamu stres karena tekanan pekerjaan,  lho! 

Badan pegal-pegal padahal kamu tidak banyak melakukan aktivitas fisik dalam pekerjaanmu. Rambut rontok atau berat badan menurun? Perubahan fisik ini bisa jadi tanda kamu stres karena pekerjaan.
Seimbangkan waktu antara bekerja dengan aktivitas di luar kantor seperti berkumpul bersama teman atau keluarga sangat penting untuk tetap menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Aktivitas fisik seperti olahraga juga baik untuk meredakan stres dan menjaga kesehatan mentalmu, Dear.

Merasa cemas berlebih dan merasa negatif atas hasil pekerjaan

Tuntutan tenggat waktu atau menyesuaikan standar atasan dapat menjadi salah satu pemicu stres. Kadang kita merasa cemas berlebih atas hasil pekerjaan yang kita berikan karena takut atasan akan menilai buruk.
Rasa cemas berlebih ini justru akan membuat kamu merasa tidak nyaman akan hasil pekerjaan dan tidak maksimal dalam menyelesaikan tugas.

Source: Unsplash

Mudah bosan di kantor? Mungkin karena lingkungannya membuatmu stres

Lingkungan di kantor yang tidak mendukung membuatmu ingin cepat-cepat pulang, berangkat kerja tidak semangat dan tidak ingin berlama-lama di tempat duduk saat jam makan siang.
Dalam bekerja, rasa semangat merupakan faktor yang penting. Jika kamu mudah bosan, tentunya ini juga mempengaruhi produktivitas kerja. Cobalah ambil cuti agar pikiran dapat jernih kembali.

Stres dapat memperburuk hubungan kerja dengan rekan atau atasan

Stres mempengaruhi kondisi emosionalmu. Tuntutan dari atasan atau rekan kerja yang tidak kooperatif saat kamu dalam kondisi stres dapat diterima dengan negatif oleh pikiranmu.
Dalam kondisi emosi, coba tenangkan dirimu dengan melakukan meditasi yang bisa kamu akses di aplikasi Riliv. Setelah pikiranmu tenang, kamu akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan.

Source: Unsplash

Menolak pekerjaan karena tidak ada yang menarik di matamu merupakan tanda stres

Berbagai tantangan dan tugas baru di pekerjaan tidak membuatmu tertarik dan membangkitkan motivasimu. Hati-hati ya, Dear. Stres yang berlebih karena tekanan pekerjaan dapat mempengaruhi kinerja dan penilaianmu di mata atasan.
Segera cari tahu penyebabnya dan cari solusinya. Kamu bisa lakukan konseling ke ahlinya melalui aplikasi Riliv. Aplikasi penghubung ke psikolog profesional yang dapat membantumu mengurai permasalahan yang sedang kamu hadapi di kantor agar meningkatkan kembali produktivitasmu. Segera dicoba ya, Dear!
Referensi:
  1. https://www.idntimes.com/life/career/nelsi-1/5-tanda-stres-kerja-berdampak-negatif-dalam-keseharianmu-c1c2
Sri Resy Khrisnawati. Having 100 dreams and 1001% faith it will come true before her dying day.

No comments:

Post a Comment