Thursday, March 7, 2019

Kepoin 6 cara mengatasi stres yang kamu wajib tahu

Dear, tahukah kamu bahwa stres terbagi menjadi beberapa tingkatan? Dari yang paling ringan sampai yang berat, lho. Tapi jangan langsung kuatir ya. Supaya nggak penasaran, yuk kepoin 6 cara mengatasi stres!

(Link ke artikel 6 Tingkat Stres Yang Perlu Kamu Ketahui, Apa Aja Sih?)

Source: Google Images

Salah satu cara mengatasi stres adalah dengan evaluasi jadwal harian dan buat skala prioritas

Ketika stres melanda dan kamu merasa semua tidak berjalan sesuai rencana, evaluasi kembali jadwal harian yang dilakukan. Dari situ kamu bisa tentukan skala prioritas mana yang ebih penting dijalani terlebih dulu. Tuliskan di atas kertas ya, dear. Cara ini dapat membantumu memprediksi apa yang mungkin timbul dan kamu dapat mencari solusinya lebih dini.

Bicara ke orang terdekat merupakan cara mengatasi stres yang efektif

Saudara, sahabat, pasangan hidup ada bukan tanpa alasan. Datanglah kepada mereka untuk sekadar berkeluh kesah atas tekanan yang kamu alami. Siapa tahu dengan berbagi cerita, kamu akan mendapatkan energi positif dan bisa mengambil hikmah dari kisah mereka.

Olahraga merupakan cara mengatasi stres sekaligus membuat tubuhmu sehat

Olahraga dapat melepaskan hormon serotonin dan endorfin. Keduanya berperan untuk membuatmu tenang dan bahagia. Dengan rutin berolahraga, tubuh dapat mengimbangi hormon kortisol dan epinefrin yang dihasilkan tubuh akibat stres.

Cara mengatasi stres yang menyenangkan? Lakukan Relaksasi!

Ketika tubuh dan pikiran sudah penat. Hentikan rutinitas sejenak. Pergilah ke suatu tempat yang menyenangkan, lakukan meditasi, atau bermain-mainlah dengan binatang peliharaan agar tubuh merasa santai, sampai kita bisa lebih fokus dan siap kembali menjalani aktivitas sehari-hari.

Source: Google Images

Beribadah agar hati lebih tenang

Berserah diri kepada Sang Pencipta adalah salah satu cara untuk membuat pikiran kita lebih tenang. Doa dapat memberikan sugesti yang positif bagi dirimu. Pikiranmu akan lebih terbuka dalam mencari jalan keluar.

Stres Berat? Segera konsultasikan kepada ahlinya

Dear,  stres berat dapat memberi dampak buruk bagi kehidupanmu. Bukan hanya susah fokus, namun kesehatanmu juga bisa terganggu, lho.

(Link ke artikel “Merasa susah fokus? Ini ciri-ciri stres berat yang mungkin kamu alami”)

Segeralah cari bantuan profesional jika kamu mengalami stres berat. Bicara ke psikolog dapat mengurangi beban pikiran dan kamu juga akan dibantu untuk menemukan solusi yang tepat sesuai kondisimu.

Sekarang ini konsultasi ke psikolog tidak harus selalu bertatap muka, kok. Jika kamu masih belum percaya diri untuk datang langsung atau kamu tidak punya banyak waktu, kamu bisa menggunakan Riliv, aplikasi yang membantumu konsultasi dengan psikolog profesional melalui media chat.

Aplikasi Riliv juga memiliki fitur meditasi yang bisa kamu akses kapan saja dan dimana saja, lho. Sudahkah kamu mencobanya, dear?

Source: Google Images

Referensi:

https://www.verywellmind.com/what-coping-strategies-are-effective-3144562

https://id.m.wikipedia.org/wiki/stres

Sri Resy Khrisnawati. Having 100 dreams and 1001% faith it will come true before her dying day.

No comments:

Post a Comment