Wednesday, March 6, 2019

Manfaat Konseling Online: Wanita Lebih Gampang Depresi?

Tahukah kamu bahwa wanita lebih rentan mengalami depresi dibanding dengan pria? Pengaruh hormon, genetik maupun tekanan lingkungan adalah salah satu pemicunya. Dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan. Salah satunya adalah layanan konseling. Berikut merupakan beberapa manfaat konseling online bagi para wanita yang katanya lebih rentan depresi dibanding pria.
[caption id="attachment_4402" align="aligncenter" width="300"] Source: Photo by Thomas Drouault on Unsplash[/caption]

Konseling online dapat menurunkan tingkat stres

Stres dapat menyerang siapa saja. Ibu pekerja yang memiliki tuntutan tinggi di kantor, ataupun ibu rumah tangga yang harus bekerja menjaga rumah dan anak-anak selama 24 jam nonstop. Dengan berbagai latar belakang yang dapat memicu tingkat stres seseorang, konseling online dapat membantu kita untuk mengurai masalah yang timbul.
Dengan konseling online kita juga dibantu untuk menemukan solusi yang tepat sesuai dengan kondisi, sehingga stres yang kita rasakan dapat lebih diminimalisir. Kita akan dibimbing untuk mencari jalan keluar dan melakukan tindakan yang tepat. 
[caption id="attachment_4109" align="aligncenter" width="300"]jenis-jenis phobia Source: Photo by Moose Photos on Pixels[/caption]Contohnya dengan menggunakan aplikasi Riliv, aplikasi yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan psikolog profesional melalui media chat. Konseling online dapat kita lakukan kapan saja dan dimana saja, dengan menggunakan HP kita sendiri. Semudah itu, lho!

Manfaat konseling online untuk orang yang masih awam konsultasi

Dengan konseling online, kita yang mungkin masih malu untuk membicarakan masalah dengan orang yang tak dikenal dapat lebih leluasa dalam menceritakan masalah. Tidak perlu merasa canggung karena tidak harus bertatap muka.
Tidak cocok dengan konselor saat ini? Kamu bisa ganti konselor yang sesuai dengan kebutuhanmu dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan biaya konsultasi tatap muka.

Dengan konseling online, curhat lebih terarah untuk mendapatkan solusi

[caption id="attachment_3998" align="aligncenter" width="300"] Source: Ba Phi from Pexels[/caption]Stres yang kita alami seringkali dipicu oleh konflik dengan orang terdekat. Dengan konseling online, kita bisa mendapat pandangan dari orang lain yang berada pada posisi netral. Ini bisa membuka pikiran kita untuk menempatkan diri di posisi yang berbeda. Dengan berempati pada orang lain, dapat menjadi langkah awal kita dalam menyelesaikan konflik dengan orang terdekat.
Ketika kita memiliki masalah dan sedang stres, salah satu yang dapat membantu adalah berbicara kepada orang lain. Dengan melakukan konseling online, curhat kita menjadi lebih terarah untuk menemukan solusinya. Mengatasi stres dengan mencari penyebab dan jalan keluar dapat membuat hidup kita lebih tenang dan nyaman.

Konseling online dapat mendorong perkembangan personal

Bukan hanya konsultasi mengenai masalah, terkadang ada beberapa situasi  yang menuntut kita untuk mengambil keputusan. Misalnya yang berkaitan dengan karir. Dengan konseling online kita akan dibantu untuk melihat beberapa opsi yang terbaik untuk perkembangan personal kita.
Dengan konsultasi secara online, memungkinkan kita untuk mengambil keputusan krusial dalam hidup tanpa kita harus beranjak dari meja. Kamu juga tak perlu khawatir orang lain tahu bahwa kamu sedang melakukan konseling.
[caption id="attachment_3872" align="aligncenter" width="300"]stress hamil membantu orang lain Photo by Anete Lūsiņa on Unsplash[/caption]Banyak kan kemudahan yang didapat dengan melakukan konseling online? Yuk segera coba, ya!
Referensi:
1. https://get-kalm.com/id/2018/11/07/konseling-online-apa-itu/
Sri Resy Khrisnawati. Having 100 dreams and 1001% faith it will come true before her dying day

No comments:

Post a Comment