Wednesday, March 6, 2019

Konsultasi Psikologi Jakarta, Harus Kemana?

Kamu tinggal di wilayah Jakarta dan mau konsultasi ke psikolog tapi bingung mau kemana? Konsultasi psikolog bisa mengenai apa saja. Bisa mengenai tumbuh kembang anak, konseling pernikahan, dan kesehatan mentalmu sendiri. Di bawah ada beberapa pilihan yang mungkin bisa dipertimbangkan. Yuk disimak!

Konsultasi psikologi Jakarta terkait tumbuh kembang dan kesehatan mental anak


Source: Unsplash
Dear, tumbuh kembang dan kesehatan mental anak seringkali menjadi prioritas setiap orang tua. Mendidik anak memang susah-susah gampang. Tidak ada buku panduan yang benar-benar dijadikan acuan karena latar belakang setiap keluarga berbeda-beda. Berikut beberapa rekomendasi tempat yang bisa didatangi untuk bisa melakukan konseling psikologi:
Klinik Pela 9 adalah klinik terpadu tumbuh kembang anak dan remaja yang bertujuan untuk membantu keluarga dengan anak yang mengalami hambatan dan gangguan tumbuh kembang. Didirikan pada tahun 2000, klinik ini melibatkan dokter anak, psikolog, psikiater dan terapis berpengalaman yang memiliki sertifikat dalam dan luar negeri.
Kancil menyediakan layanan psikolog untuk anak dan remaja (2-20 tahun), playtherapy, terapi perilaku kognitif dan hipnoterapi. Selain kegiatan rutin, Kancil juga sering mengadakan seminar, lokakarya dan pelatihan untuk orang tua dan keluarga.
Rumah Dandelion mengkhususkan diri pada tumbuh kembang anak dan pendidikan anak usia dini. Dengan melibatkan psikolog keluarga, pendidikan, praktisi perkembangan anak, Rumah Dandelion memiliki visi untuk menjadi rekan keluarga dalam mengoptimalkan perkembangan anak.

Source: Unsplash
Balita Ceria adalah klinik yang berlokasi di Jakarta Barat yang menyediakan layanan Psikologi untuk anak, remaja, dan terapi untuk anak berkebutuhan khusus. Di luar dari itu, klinik ini juga menyediakan layanan tes IQ, minat dan bakat, dan evaluasi tumbuh kembang.

Konsultasi psikologi Jakarta terkait kesehatan mentalmu

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Stres berat dan depresi dapat menghambat aktivitas dan mempengaruhi kesehatan fisikmu juga. Jangan sampai terjadi ya, Dear!  Di bawah ada beberapa pilihan klinik psilologi yang bisa kamu datangi terkait kesehatan mentalmu:
Daya Insani adalah klinik di bilangan Jakarta Pusat yang didirikan sejak tahun 2004. Layanan yang disediakan bertujuan untuk mengoptimalkan potensi dari tiap individu melalui asesmen, konseling hipnoterapi dan pelatihan.
[caption id="attachment_4888" align="aligncenter" width="300"] Photo by Dylan Gillis on Unsplash[/caption]Yayasan Pulih merupakan organisasi non profit yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal pelayanan psikologi yang terjangkau. Semua psikolog di Yayasan Pulih merupakan psikolog profesional yang memiki kapasitas tambahan mengenai isu HAM,  kesetaraan gender dan isu kekerasan terhadap perempuan.
Kini dengan menggunakan BPJS juga sudah bisa konsultasi dengan psikolog ke beberapa puskesmas di Jakarta seperti: Puskesmas Mampang Prapatan,  Pasar Rebo, Pancoran, Kramat Jati, Taman Sari dan Matraman, lho.

Konsultasi psikologi Jakarta terkait pernikahan

Menyatukan dua insan yang berbeda memang bukanlah hal yang mudah. Terkadang kita perlu bantuan pihak ketiga yang netral dalam menyelesaikan masalah dalam pernikahan kita. Agar mendapatkan solusi yang terarah dan terbaik bagi pernikahan kita, kita bisa mendatangi beberapa klinik di bawah untuk melakukan konseling pernikahan:
Konseling pernikahan menyediakan layanan konsultasi psikolog dari persiapan pernikahan, pernikahan, perselingkuhan, pra perceraian,  hingga perceraian. Layanan konseling dilakukan dengan tatap muka selama 45 menit dan juga melayani konseling dengan datang ke tempatmu selama berada di wilayah jabodetabek.

Source: Unsplash
Tibis Sinergi adalah tempat konsultasi psikologi yang didirikan oleh Tika Bisono. Berlokasi di daerah Pasar Minggu, selain aktif sebagai konsultan dan dosen di perguruan tinggi swasta, Tika Bisono juga membuka layanan konsultasi pernikahan.
Mulai untuk konsultasi dengan psikolog, apapun masalahmu memang membutuhkan tekad yang kuat. Selain mungkin akan merasa canggung saat konsultasi tatap muka dengan orang yang tidak dikenal, faktor biaya, serta waktu juga terkadang menjadi hambatan.
Dengan kemudahan teknologi saat ini, konsultasi dengan psikolog juga bisa dilakukan dengan cara yang praktis dan biaya relatif terjangkau. Salah satunha melalui aplikasi Riliv yang memungkinkan kita untuk mendapatkan pelayanan konsultasi dengan psikolog profesional dimana saja dan kapan saja melalui media chat. Segera konsultasikan masalahmu dengan ahlinya agar kesehatan mentalmu terjaga ya,  Dear!
Referensi:
1. http://rumahdandelion.com
2. http://klinikpela9.com
3. http://www.kancilku.com/Ind//index.php?option=com_frontpage&Itemid=37
4. http://www.balitaceria.com/
5. http://mommiesdaily.com/2016/08/05/daftar-psikolog-pernikahan-di-wilayah-jakarta/
6. https://tirto.id/mengatasi-problem-kesehatan-mental-dengan-bpjs-ck32
Sri Resy Khrisnawati. Having 100 dreams and 1001% faith it will come true before her dying day

No comments:

Post a Comment