Friday, October 9, 2009

KEDRT

Beberapa hari yang lalu, waktu saya lagi menuaikan aktivitas "Sebelum-mandi-pagi-yang-biasanya-gw-sambi-baca-koran" Ada 1 artikel konsultasi psikologi di Kompas (tanggal 4 Oktober 2009) yang menarik perhatian saya. Judulnya KEDRT VS Libido.

Kenapa menarik perhatian? Soalnya pas baca itu, saya ngerasa: "Hehehe. Saya banget nih waktu itu."
Nah, saya jadi pengen ngebahas tentang ini.. 
Tapi untuk menghormati mantan saya (Biar bagaimanapun pernah ada rasa sayang di antara qt b2. Halah..!)
Saya ga akan nyebutin nama mantan saya siapa, waktunya kapan, dan tempatnya dimana.
Bagi yang merasa.. Tulisan ini bukan bermaksud untuk ngungkit2 atau nyinggung perasaan pihak tertentu.. Saya cm pengen-pengen-pengen banget nulis tentang masalah ini karena ini menarik buat saya. Ga ada maksud apa-apa di balik ini semua.
Jadi.. Artikel ini ngebahas tentang curhatan seorang ibu yang mengalami Kekerasan Emosional Dalam Rumah Tangga (KEDRT).
Beda dengan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) yang sifatnya lebih ke kekerasan fisik, KEDRT ini lebih ke perlakuan seseorang terhadap orang terdekatnya yang bisa menyebabkan luka batin. Dari tahap yang ringan sampai tahap yang berat.
KEDRT itu bisa berupa tindakan makian, cercaan, bentakan dan pelecehan.
Untuk lebih jelasnya.. Saya akan ngutip beberapa curhatan si Ibu yang bener2 gambarin perasaan saya waktu itu.
Hopefully, buat smua yang pernah atau lagi ngalamin masalah yang sama dengan yang saya alamin, begitu baca tulisan ini ngerasa "kegampar" dan bisa kembali ke jalan yang bener (seperti layaknya saya waktu baca tulisan ini. Tapi sayangnya si ibu baru curhat sekarang. kenapa ga bertahun2 yang lalu, jadi kan saya ga perlu wasting time pacaran tahunan bu. Huks. Nasib).

Anw, ini curhatan si ibu (plus sedikit komen tambahan dari saya ya. Hihi!)
"...hingga 10 tahun perkawinan ini, ancaman, bentakan, makian, teriakan tidak ada hentinya. Terkadang saya terdiam dan menangis sakit hati, tapi kemudian kesedihan saya tekan.. Dan saya mengambil sikap mengalah dengan harapan semua ini akan berhenti."
-> Gamparan pertama buat saya. Bener banget ni ibu.. Meskipun saya ga ngrasain sakit ati selama dan seberat ibu ini, tapi saya bisa ngerti sedikit betapa beratnya hidup di bawah bayangan, "Wah. Kira2 kalo saya ngelakuin ini dia bakal marah lagi ga ya? Apa yang saya perbuat ini bakal dapet makian ga ya dari dia?" Beuh. Selain makan ati. Badan juga bisa kurus kering, jeung.. (Kalo dipikir2 sebenernya ini cara diet yang manjur. Hehehe).

"...Dengan sikapnya yang seperti ini, terus terang kebencian saya terhadap dia menumpuk dan tak tersisa gairah seksual saya terhadapnya. Sikap kurang bersemangat ini rupanya membuat dia tidak puas."
-> Gamparan kedua buat saya. Although ga se-ekstrim si ibu ini sih.. Saya ga sampe "menumpuk kebencian", tapi yang jelas saya jadi males sayang2an ajah.. Boro2 ngerasa "Butterfly-in-my-stomach-effect".. Kalo lagi sayang-sayangan dikit (ehemm) bawaannya pengen buru2 udahan. Hehe. Itu juga jadi salah satu pemicu brantem diantara kami. Dia bilang katanya saya udah ga sayang. Dia curiga ada cowok lain, bla bla bla. Padahal ga ada. Saya cm pengen ga diperlakukan kasar aja kalo qt lagi brantem. Dan setiap saya angkat masalah ini, terkadang dia ngerubah sikapnya. Tapi ga lama, dia balik lagi ke tabiat awalnya. Huks.

"...Sebetulnya dia suami yang 'baik' dalam artian bertanggung jawab, tidak pernah selingkuh. Tetapi dia sangat kasar Ada sedikit kesalahan saja dia akan membentak, marah dan memaki-maki Kata-kata 'goblok, tolol, bego' dengan lancar keluar dari mulutnya."
-> Gamparan ketiga buat saya. Kenapa saya masih bertahan sama dia?? Humm.. Selain karena saya udah males pacaran lagi. Mulai dari awal lagi, penyesuaian lagi, sbenernya dia ga se-antagonis itu. Dia orang yang baik dan peduli sama orang-orang di rumah saya. Saya yakin banget komitmennya untuk ga selingkuh besar. Cuma ya itu tadi.. Saya lupa sesuatu dikit, atau ga nyimak omongannya dikit, atau ngobrol sama cowok lain aja jurus maki-makinya pasti keluar. Bukan cuma 'goblok, bego, tolol', namun juga kata-kata jorok seringkali keluar dari mulutnya (sigh!)

Bottom line: Kalo kamu ngerasa pasangan kamu agak beda, ga sesayang biasanya.. Mungkin sebelum kamu curiga yang macem-macem, kamu perlu evaluasi diri sendiri dulu. Mungkin ga sih itu karena sikap kamu yang membuat dia merasa ga nyaman atau bahkan tersakiti?
Sebaliknya kalo ada yang ngrasain hal yang sama seperti tulisan saya diatas, sebaiknya kamu pikir ulang deh, apalagi yang udah mutusin untuk nikah. Kira-kira bisa ga kamu jalanin situasi seperti itu? Kalo ga, mending say g'bye aja deh. Wasting time. Serius deh.

Dan 1 hal lagi, jangan pernah ga brani putus karena males mulai hubungan baru. Coz once kamu menemukan orang lain di saat kamu lagi ngerasa ada masalah antara kamu dan pasangan, jatuhnya kamu yang salah.  Akhirnya.. Dia tambah punya alesan untuk maki-maki deh. (Pengalaman pribadi nih, mbak? hehehe.)

No comments:

Post a Comment